Peduli Yang Terabaikan

Sumber : Dok. Pri

oleh Primason

Peduli terhadap yang terabaikan melibatkan pengakuan atas peran yang dimainkan oleh strata sosial dan psikologi individu dalam membentuk sikap dan tindakan mereka terhadap mereka yang membutuhkan. Dengan memahami hubungan ini, kita dapat mendorong lebih banyak individu untuk terlibat dalam upaya-upaya kemanusiaan dan memperjuangkan keadilan sosial bagi semua. Bobon santoso seorang youtuber vlogger yang cukup terkenal akhir-akhir ini menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat Papua.

Bobon Santoso adalah seorang YouTuber dan food vlogger yang berasal dari Bali dan dikenal karena konten-konten yang mengulas makanan eksperimental. Di antara konten-kontennya tersebut, Bobon sering menampilkan aksi yang berpotensi membahayakan dirinya, seperti berendam dalam saus sambal. Dia memulai karirnya menjadi seorang youtuber sejak tahun 2019.

Bobon santoso mengalami perjalanan yang sangat panjang dan mungkin penat, karena beberapa kali Ia sempat beberapa kali berganti profesi sebelum akhirnya sukses di YouTube dengan kontennya yang memasak dengan jumlah yang banyak dan setelah itu hasil makanannya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Ia pernah menjadi jurnalis hingga penjual nasi uduk. Ia juga pernah berkonflik dengan chef Arnold, dan berbagai hiruk-pikuk perjalanan lain. Dia adalah seorang pengusaha yang berjuang dari awal (bisa disaksikan dalam podcastnya bersama denny sumargo).

Pada awal-awal kontennya, sedikit banyak orang yang tidak setuju dengan konsep videonya di youtube, karena dianggap kontroversial oleh publik, selang waktu berlalu, konsep konten youtube yang dia suguhkan mulai berubah, ia memasak dalam frekuensi  yang sangat banyak dan kemudian hasil dari masakannya itu dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis walau ia memasak dengan susah payah, bahkan orang-orang yang tak pernah dikenalnya sebelumnya. Persepsi publik terhadap dia mulai banyak berubah, dia yang awalnya dianggap kontroversial sekarang memiliki kepedulian terhadap sesama. Saya sendiri menilai bahwa ia mempunyai hati yang benar-benar baik kepada orang-orang yang terabaikan.

Bobon santoso adalah salah satu dari sekian ratus ribu youtuber di dunia, dan ia menempatkan dirinya pada posisi yang sangat menolong masyakat dan berguna bagi masyarakat sekitar. Coba bayangkan seberapa banyak youtuber yang mau peduli terhadap sesama seperti yang dilakukan oleh saudara kita Bobon santoso ini? Mengambil resiko kerugian yang tidak sedikit dan tenaga yang terkuras dalam setiap video youtubenya. Dari hal ini kita dapat belajar bahwa kita hidup jangan hanya sekadar hidup untuk diri sendiri dan memetingkan diri sendiri tanpa melihat sekeliling yang membutuhkan, kita adalah insan yang membutuhkan manusia lain seperti yang dikatakan oleh Aristoteles menyebut manusia sebagai makluk sosial , Indonesia yaitu kita semua harusnya memupuk sikap peduli seperti ini.

Mari kita tiru ini, mungkin kita tidak menjadi youtuber seperti dia, namun sikapnyalah yang harus kita aplikasikan dalam kita menjalani hidup, setiap langkah kita akan merepresentasikan siapa kita di dalam masyarakat, dengan mulai melihat dan membantu orang lain dalam hidup ini akan membuat kita menjadi teladan juga bagi orang lain. Di dalam setiap tindakan kecil terdapat keajaiban besar yang dapat mengubah dunia. Ketika kita memberikan bantuan dan memberi kepada sesama, kita menciptakan ikatan yang mendalam dengan hati dan memperluas cakrawala persaudaraan kita. Setiap tindakan kebaikan yang kita lakukan memancarkan cahaya yang memperindah dunia di sekitar kita.

Bayangkan dunia di mana setiap orang memberikan sebagian kecil dari apa yang mereka miliki untuk membantu yang membutuhkan. Dalam setiap donasi, dalam setiap tindakan belas kasihan, kita menanamkan benih kebaikan yang akan terus tumbuh dan memberikan buah bagi banyak orang. Tidak ada hal yang terlalu kecil untuk memberikan. Sebuah senyuman, sebuah kata semangat, atau bahkan waktu yang kita luangkan untuk mendengarkan bisa menjadi berarti bagi seseorang yang sedang berjuang. Jangan pernah meremehkan kekuatan kebaikanmu, karena satu tindakan kecil pun bisa membuat perbedaan yang besar bagi seseorang yang membutuhkan cahaya di dalam kegelapan.

Ingatlah bahwa kita semua terhubung satu sama lain sebagai manusia. Kebaikan yang kita berikan kepada orang lain adalah cermin dari kebaikan yang ada di dalam diri kita sendiri. Dengan membantu sesama dan memberi, kita mengisi dunia dengan cinta, kehangatan, dan harapan. Jadilah sumber kebaikan di dunia ini. Ketika kita memberikan, kita menerima lebih dari yang kita berikan. Marilah kita bersama-sama menciptakan gelembung positif di sekitar kita, di mana tindakan-tindakan kecil kebaikan membawa perubahan besar bagi dunia.

Referensi :

  1. https://youtu.be/jmGTjHVLFJY?si=jJmVQnWYZNL2EHHe
  2. https://youtube.com/@BobonSantoso?si=5oHWmc79KF2pt2zB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *